Distribusi
Distribusi dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan ( jenis, jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan).
Perbedaan sistem distribusi pada perusahaan konvensional dan network marketing/ NASA adalah sebagai berikut:
PABRIK
|
AGEN TUNGGAL
|
SUB AGcccEN
|
GROSIR
|
TOKO PENGECER
|
KONSUMEN
2. NETWORK MARKETING / NASA:
PABRIK
|
NASA
|
STOKIST NASA
|
DISTRIBUTOR/ KONSUMEN
Dapat dilihat bahwa jalur distribusi produk melalui network marketing terbilang menguntungkan, tidak melewati banyak tangan sehingga harganya tidak akan jauh berbeda dengan harga pabrik. Sedangkan kalau secara konvensional melalui banyak jalur sehingga saat sampai di tangan konsumen, harganya berbeda jauh dari harga pabrik.
Perbedaan toko pengecer dan distributor NASA:
TOKO/ PENGECER:
- Modal besar
- Memerlukan tempat khusus
- Harus berpengalaman
- Full time/ waktu tidak bebas
- Hasil terbatas
- Tidak ada royalti
DISTRIBUTOR NASA
- Modal relatif kecil
- Ada pelatihannya
- Tidak tergantung tempat
- Tidak tergantung waktu
- Hasil tidak terbatas
- Ada royalti/ PASIVE INCOME
No comments:
Post a Comment